Kamis, 22 Mei 2014

Buat pengguna SLiMS (slims.web.id) yang banyak menyimpan file pdf untuk keperluan repositori, beberapa banyak mengalami kendala file pdf yang gagal dibuka. Disebabkan antara lain:
  • File permission untuk lib/swftools/bin/linux/pdf2swf belum 755. Biasanya hanya terjadi di platform Linux. Pengguna Windows tidak mengalami hal ini karena Windows sangat permisif (pdf2swf adalah program eskternal bentuk biner yang fungsinya mengkonversi berkas pdf menjadi swf).
  • Tidak tersedia flash player pada browser. Karena pdf yang mau dibaca dikonversi dulu ke swf,maka browser butuh dukungan flash player.
  • Karena pdf2swf berbentuk biner, menjadi tergantung apakah biner yang tersedia untuk platform 32 bit atau 64 bit. Rata-rata server baru sekarang berbasis 64 bit. Tapi ini sudah diatas dengan menyediakan bentuk biner untuk 64 bit. But still, it hurts.
  • Sekuriti file pdf. pdf2swf akan gagal dengan sukses jika berkas pdf mempunyai fitur keamanan seperti password, no print, no copy, dll.
  • Folder files/swfs blm writable. Ini karena untuk meningkatkan kinerja, pdf2swf perlu membuat cache swf difolder files/swfs.
  • Tidak diijinkan dalam setting PHP, utamanya di layanan shared hosting. Karena SLiMS menggunakan fungsi exec() untuk menjalankan pdf2swf.
  •  
Karena sudah super gerah dengan keterbatasan itu, dan karena didorong oleh keinginan luhur, maka pdf viewer di SLiMS (baik untuk rilis Meranti dan Cendana), saya tambahkan dukungan untuk pdf.js (http://mozilla.github.io/pdf.js/) yang otomatis menyelesaikan semua masalah diatas. Untuk pengguna Meranti sila sesuaikan setting “$sysconf['pdf']['viewer']” pada file sysconfig.inc.php. Pada rilis Cendana, default pdf viewer nya sudah pdf.js.
Catatan perubahan source bisa dilihat di:
Selamat mencoba.

Source: http://hendrowicaksono.wordpress.com/2014/01/11/dukungan-pdf-js-di-slims/
Kategori:

1 komentar: