Rabu, 23 Maret 2016


Dalam perkembangannya, pengelolaan Repositori Institusi sudah menjadi sebuah kewajiban dalam dunia perpustakaan terutama perpustakaan perguruan tinggi dalam mengelola local content yang dimiliki sebuah institusi. Ada berbagai software yang bisa dimanfaatkan dalam penerapannya, mulai dari yang paling mudah sampai yang paling sulit dalam operasionalnya. Untuk membangun dan mengembangkan suatu Repositori Institusi diperlukan Analisis Swot, benchmarking, menyiapkan sumberdaya, dukungan pimpinan, prosedur dan peraturan, perangkat keras dan lunak serta jaringan, dan manajemen untuk menangani informasi karya ilmiah lokal. Ini dia anaknya (turunan/distro) SLIMS yang memperkenalkan sebuah software aplikasi Repositori Institusi karya anak bangsa yang bernama SETIADI.
SETIADI??? Apa yang anda pikirkan, nama seseorang atau nama jalankah! Kalau anda berpikiran seperti itu, kali ini anda keliru. SETIADI merupakan singkatan dari “Senayan Sistem Elektronik Tesis dan Disertasi”, SETIADI merupakan karya dari DwiFajarSaputra (pegiat Komunitas SLIMS Banten) yang mengkustom sebuah software automasi perpustakaan yang sudah tak asing lagi yaitu Senayan atau SLiMS yang bertujuan untuk mengelola Repositori Institusi seperti Skripsi, Thesis, Disertasi agar mudah pengelolaan dan temu kembali informasinya. SETIADI ini bisa di download secara gratis di GoSLiMS.net dan bisa dicustom ulang sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan karena memang pada prinsipnya berbasis open source
Untuk tahap instalasi SETIADI ini langkah-langkahnya sama persis dengan cara instalasi slims, baik itu cara install SLiMS menggunakan Psenayan maupun cara install menggunakan Xampp. Berikut ini adalah cara instalasi SETIADI.
  1. Download source SETIADI terlebih dulu kemudian ekstract file tersebut.
Gambar 1. SETIADI
  1. Buka folder SETIADI tersebut lalu exctract kembali file “etd” yang ada didalam folder SETIADI.
Gambar 2. SETIADI
  1. Letakkan folder “etd” tersebut di dalam folder “htdocs” pada Psenayan maupun pada Xampp.
Jika menggunakan Psenayan maka letakkan source “etd” seperti ini (…\psenayan\apache\htdocs\etd). Sedangkan jika menggunakan Xampp maka (…\xampp\htdocs\etd).
Gambar 3. SETIADI(…\psenayan\apache\htdocs\etd)
Gambar 4. SETIADI(…\xampp\htdocs\etd)
  1. Buat database pada phpmyadmin, jika menggunakan Psenayan maka localhost/pma sedangkan jika menggunakan Xampp maka urlnya localhost/xampp. Nama databasenya adalah “etd” lalu import database etd.sql yang ada didalam folder SETIADI yang sudah didownload diawal tadi.
Gambar 5. SETIADI
  1. Setelah berhasil membuat database SETIADI lalu buka localhost/etd pada web browser anda, maka jika langkah-langkahnya benar akan muncul tampilan SETIADI.
Membangun Institutional Repository Berbasis SETIADI
Mudah bukan jika anda ingin mengelola repositori institusi anda, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan softwarenya dan tentunya sangat user friendly dalam penggunaannya yang akan dibahas pada artikel selanjutnya.
 
Kategori:

8 komentar:

  1. kok saya tidak bisa mengunduhnya...

    BalasHapus
  2. mas mau tanya dong, kalo untuk unggah mandiri full text bisa ?

    BalasHapus
  3. kok gak bisa ya, ada peringatan "error connecting to database...."

    BalasHapus
  4. iya bener mas saya, ada peringatan itu boleh minta penjelasan tata cara pengintalannya lebih detail

    BalasHapus
  5. "error connecting to database...." seperti itu terus awalnya, terus saya coba buat ulang udah sampe pengistalan di browsernya, tp di tahap akhir setelah pengisian database host name tahunya malah gagal lagi database no conection please check configuratioan itu saya agak bingung

    mohon bantuannya

    BalasHapus
  6. permasalahane podo kabeeehh.. ERROR

    BalasHapus