Selasa, 22 Maret 2016

Halo para pengguna SLiMS, Apa kabar ? Sudah ngoding belum ? Yup, tren ngoding telah merebak di kalangan pustakawan luar negeri, hal ini menjadi sebuah kebutuhan. Tak heran dalam perkuliahan jurusan ilmu perpustakaan dikenalkan materi koding script yang mempelajari koding PHP dasar,termasuk materi SLiMS juga disisipkan dalam mata kuliah tertentu seperti mata  kuliah otomasi perpustakaan, Teknologi Informasi dan sebagainya. Walaupun hanya pengenalan, kadang menimbulkan rasa penasaran pada salah satu mahasiswa.

Baru-baru ini ada seorang mahasiswa Ilmu Perpustakaan Undip Bernama Erwan Setyo Budi, yang kebetulan pengurus aktif  Komunitas SLiMS Semarang telah menghasilkan template SLiMS Akasia. Dari pengamatan Kami, masih sedikit sekali mahasiswa ilmu perpustakaan yang ikut aktif dalam kegiatan komunitas SLiMS, namun lain hal dengan mahasiswa ini.  Erwan mencoba untuk mengubah tampilan template classic dari SLiMS Akasia. Makanya template ini ia namakan Neo-Classic. Apasih yang Erwan ubah? ini dia daftarnya.
  1. Tampilan header template 
    Pada bagian kanan atas terdapat tombol fb,twiter,pengubah bahasa indonesia,pengubah bahasa inggris.Pada bagian kiri atas menggunakan material icon. Home-Visitor counter, Bantuan pencarian,Librarian,dan Login Librarian. Ada juga tombol area member,maps dan news. Semua tombol jika di sorot terdapat keterangan.Jika di klik logo, maka akan terbawa ke halaman library information. Dibawah terdapat list ticker news, yang berkedip dan berganti setiap saat.
  2. nah, pada kotak pencarian terdapat simple search dan advanced search. Untuk advanced search saya bungkus dalam tombol settings sebelah kiri, jika mau disembunyikan tinggal klik tombol. Ia juga sertakan tombol reset untuk menghapus secara instan keyword yang sudah ditulis.Pada bagian kanan, terdapat plugin Tipe koleksi, yang secara otomatis terupdate jika kita menambahkan tipe koleksi.Oh iya Erwan juga menambahkan ruas pencarian Tahun pada advanced search
  3. Nah pada bagian informasi detail spesifik koleksi, pada bagian atas Erwan tambahkan red button dengan value kembali ke halaman sebelumnya.Ditambahkan juga social share button.
  4. Untuk footer, terbagi menjadi 3 kolom, yang masing masing bisa disesuaikan dengan isi informasi perpustakaan.
  5. Untuk halaman login ditambahkan header gambar dan beberapa keterangan " Masukan username yang sesuai" dan Peringatan "Perhatikan apakah CAPS LOCK aktif"
  6. Untuk halaman visitor counter, terdapat ucapan selamat datang "Welcome To..... (Otomatis Nama Perpustakaan), yang senantiasa bergerak kiri-kanan.
    Ada juga tambahan tombol batal.

    Nah berikut tampilanya.








Dalam file ini, disertakan panduan untuk menyesuaikan isi informasi sesuai identitas perpustakaan masing masing. Silahkan bagi yang ingin menambah koleksi template slims akasia ini.
unduh template neo-classic slims akasia
Kategori:

1 komentar:

  1. gimana carany ya ka? saya dari tadi searching cara digoogle gak ketemu-ketemu

    BalasHapus